Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

3 Bahan Alami Obat Batuk Menurut Studi Penelitian

Ilustrasi Batuk. (Foto: Pixabay)

Makassar, Mewarta.com–Memasuki musim pancaroba sudah waktunya harus berhati-hati terhadap kesehatan masing-masing, peralihan musim panas ke musim hujan perlu diwaspadai dengan serangan berbagai macam penyakit, salah satu diantaranya adalah batuk. Namun tidak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami rumahan yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan altrnatif untuk meredakan batuk seperti dikutip mewarta.com dari CNN Indonesia.

1. Madu 

Dilansir dari laman medical news Today, madu adalah salah satu bahan alami untuk meredakan batuk. Pada tahun 2021 berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa madu lebih unggul dari perawatan biasa, baik dalam mencegah dan meredakan batuk. Peneliti juga melihat bahwa efek penggunaan madu bisa juga untuk infeksi saluran pernafasan.

Cara mengonsumsi madu adalah bisa langsung minum 1 sampai 2 sendok makan, atau bisa juga dicampur dengan air hangat, namun perlu diingat bahwa penggunaan madu yang direkomendasikan adalah madu asli.

2. Air Hangat

National Library of Medicine dalam studinya melaporkan bahwa minuman hangat bisa mengurangi gejala batuk, kedinginan, kelelahan, dan sakit tenggorokan. Jenis minuman air hangat yang dapat meredakan batuk seperti teh herbal, air jeruk nipis hangat, dan air putih hangat. Minumlah air hangat tersebut 1 gelas sesuai kebutuhan Anda.

3. Jahe

Jahe selain bermanfaat sebagai bumbu dapur juga diyakini dapat meredakan batuk secara alami, hal ini dikarenakan jahe mengandung anti inflamasi yang dapat meredakan batuk kering atau asma sekaligus.

berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2015 senyawa jahe menunjukkan bahwa antiradang pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara sehingga membuat intensitas batuk berkurang.

Cara konsumsi jahe yaitu menyeduh atau memasak irisan jahe 40 gram kedalam air panas satu gelas, diamkan beberapa menit lalu minumlah saat hangat, tambahkan perasan lemon atau madu untuk menambah khasiat dalam meredakan batuk dan gangguan tenggorokan lainnya.

Itulah 3 bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan batuk tanpa harus ke Dokter. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *