Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Kampus  

Usung Tema “Budaya Islam Nusantara Berbasis Moderasi Beragama”, Pusat Peradaban Islam LP2M UIN Alauddin Makassar Gelar Seminar

Makassar, Gowa—Pusat Peradaban Islam Sulawesi Selatan LP2M UIN Alauddin Makassar mengelar seminar budaya Islam di hotel Remcy, (Senin 23 Oktober 2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I UIN Alauddin Makassar Prof. H. Kamalauddin Abunawas. Hadir para Dekan, perwakilan Dosen, perwakilan pegawai, dan perwakilan mahasiswa sekitar 60 orang jumlah peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Wakil Rektor I UIN Alauddin Makassar mengatakan bahwa kegiatan seminar budaya Islam yang dilaksanakan kali ini sudah mencerminkan peradaban karena semua rangkaian acara berjalan sesuai jadwalnya.

“Kalau Jahiliyah itu kotor maka Islam itu bersih, kalau jahiliyah itu terlambat maka Islam itu tepat waktu, Islam itu menggambarkan peradaban yang sesungguhnya karena di manapun Islam berada tidak ada penolakan sebab selalu beradab, itulah sebabnya Islam itu selalu hadir mengisi peradaban di belahan dunia manapun saat ini” kata Prof. H. Kamaluddin Abunawas.

Hadir di kegiatan seminar Dr. Rosmini Amin selaku Ketua LP2M, Prof. H. Andi Marjuni selaku sekretaris LP2M, Para Kapus LP2M guna menyukseskan kegiatan seminar budaya Islam berbasis moderasi beragama.

Dr. Rosmini Amin mengatakan pada pembukaan acara seminar bahwa seminar budaya Islam berbasis moderasi beragama kali ini akan membahas Budaya, Islam nusantara, dan moderasi beragama.

“Ada 3 hal yang akan kita bincangkan secara serius pada seminar kali ini yaitu Budaya, Islam nusantara, dan moderasi beragama,”katanya.

Dr. Nur Syamsiah selaku Kepala Pusat Peradaban Islam UIN Alauddin menyampaikan harapan dengan terlaksananya kegiatan seminar budaya Islam dengan  tema “Seminar Budaya Islam Nusantara Berbasis Moderasi Beragama”.

“Semoga melalui seminar budaya Islam nusantara berbasis moderasi agama ini dapat sejalan dengan yang di inginkan agar supaya budaya yang ada tidak bertentangan dengan syariat Islam dan budaya yang ada tetap dapat di lestarikan selama tidak bertentangan dengan syariat Islam dan sejalan dengan moderasi beragama,”terangnya.

Seminar budaya Islam nusantara berbasis moderasi agama menghadirkan beberapa pemateri yaitu Prof. H. Bakaking Rama selaku pakar sejarah peradaban UIN Alauddin Makassar, Prof.Hj.  Nurhayati dari UNHAS, dan Dr. H. Kaswat Sartono yang merupakan Instruktur nasional moderasi beragama.