Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Kampus  

PUSLITPEN LP2M UIN Alauddin Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Penelitian Dosen

Mewarta.com, Makassar– PUSLITPEN LP2M UIN Alauddin Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Penelitan Dosen, Kamis (11/2/2023). Hadir di kegiatan bimtek Dr. Rosmini Amin selaku Ketua LP2M, Prof. H. Andi Marjuni selaku sekretaris LP2M, dan Para Kapus LP2M. Hadir pula Dr. Anwar Gani Selaku pemateri bimtek penyusunan laporan keuangan.

Dr. Rosmini mengatakan bahwa ketika berbicara uang maka kita semua senang, tapi ketika kita bicara laporan keuangan maka sudah mulai bercabang pikirannya sebab ada kewajiban yang harus ditunaikan, yaitu menyusun laporan.

Kegiatan ini diadakan tentunya guna memberikan suntikan spirit penyusunan laporan keuangan agar semua berjalan sebagaimana mestinya, karena terkadang menyelematkan dana penelitian lebih gampang ketimbang menyelamatkan data penelitian, ungkap Ketua LP2M UIN Alauddin Makassar.

“Bicara tentang laporan keuangan, khususnya laporan penelitian itu terkait dengan dua institusi besar yaitu kementerian keuangan dan BPK, kementerian keuangan menetapkan regulasi tentang penggunaan anggarannya, dan BPK menjadi pengawas keuangan yang tentunya akan menjadi rujukan kita ketika bersentuhan dengan keuangan, jadi bimtek ini perlu kita perhatikan serius agar laporan keuangan tepat sasaran,”terang Dr. Rosmini Amin.

Dr. Anwar Gani selaku pemateri menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh PUSLITPEN LP2M UIN Alauddin hari ini tidak lepas dari kepedulian para pemangku anggaran agar ketika menyusun laporan keuangan sesuai dengan rambunya.

“Kegiatan ini tentunya akan sangat bermanfaat agar penyusunan laporan keuangan sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh Kementerian dan BPK selaku pengawas dapat menjalangkan fungsinya juga dengan baik,”tegasnya.

Prof. Marjuni selaku sekretaris LP2M mengatakan bahwa bimtek penyusunan laporan keuangan kedepannya diharapkan mampu menciptakan iklim penggunaan anggaran yang sehat.

“Serapan anggaran yang sehat dan tepat sasaran tentunya akan menciptakan iklim keuangan yang bersih, terang Prof. Marjuni saat dikonfirmasi oleh mewarta.com.

Senada dengan itu, Ketua PUSLITPEN Dr. Hasbi juga menyampaikan harapannya bahwa dengan digelarnya bimtek ini kita berharap laporan keuangan penelitian dapat tepat waktu nantinya.

“Kita berharap Bimtek ini mampu mendorong para peneliti untuk bisa melaksanakan penyusunan laporan kegiatan penelitian lebih agresif dan cepat, baik itu laporan keuangan lainnya agar tepat waktu saat diminta,” tutup Dr. Hasbi selaku ketua panitia Bimtek.