Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Kampus  

PKM di Malaysia, Dosen FEB UMI Bantu Usaha Kreatif Para Ibu Rumah Tangga

Makassar, Mewarta.com– Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pontian Johor Malaysia pada Selasa 8 Agustus 2023 lalu.

PKM tersebut diketuai Dr. Serlin Serang, SE, MM dan tiga anggotanya, Dr. Aryati Arfah, SE., MSi, Rezki Amelia Salam dan A. Aulia Rachmadani. Mereka melakukan pengabdian dalam pengembangan usaha kreatif ibu rumah tangga yakni stik pisang cokelat.

Dr. Serlin Serang mengatakan bahwa dalam pengabdian ini, para ibu rumah tangga dan pelaku usaha ditawarkan dan diberikan pemahaman tentang mengolah pisang menjadi camilan yang dapat dijual.

“Selain itu, mengajarkan kepada mereka tentang tatacara membuat kemasan produk dengan baik dan menarik,” katanya.

Dr. Serlin menerangkan bahwa makanan olahan berupa stik saat ini telah mengalami banyak perkembangan, dengan
memanfaatkan bahan dasar dan bahan tambahan.

“Untuk menciptakan macam-macam rasa dan untuk meningkatkan nilai gizi dari stik, maka dalam proses pembuatannya digunakan bahan baku dan bahan tambahan lainnya, seperti penggunaan buah pisang masak dan bahan tambahan cokelat, sehingga diperoleh produk stik yang enak dan mengandung nilai gizi yang tinggi,” tuturnya.

Kata dia, cokelat hampir disukai semua kalangan. Selain enak, cokelat juga menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan mood hingga menjaga kesehatan jantung. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, banyak yang gemar makan cokelat.

“Selain rasanya yang khas dan nikmat, cokelat juga memiliki manfaat bagi kesehatan,” tanda Dr.Serlin.

Melalui pengabdian ini, Serlin berharap kelompok mitra dapat mengetahui manfaat dari pisang untuk kesehatan.

“Stik pisang coklat  dapat dibuat dengan mudah dan dijadikan sebagai cemilan dan dinikmati bersama dengan teh. Stik pisang coklat selain bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya dapat juga jadikan usaha home industri untuk menambah pendapatan rumah tangga kelompok mitra,” pungkasnya.