Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Kampus  

Mahasiswa KKN UINAM Posko 1 Kelurahan Palampang Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba Sukses Menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan Stunting

Bulukumba, Mewarta.com—Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar angkatan 72 Posko 1 Kelurahan Palampang Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba sukses menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan Stunting di Masjid Nurul Falah Kampung Jera Kel. Palampang, Jumat (25/08/2023).

Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Nasrawati, S.Gz. selaku penyuluh gizi kelurahan yang bertugas di Kelurahan Palampang Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba.

Stunting adalah Kondisi gagal tumbuh pada anak umur kurang dari 5 tahun yang disebabkan kurangnya asupan gizi yang berlangsung lama, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan wawasan kepada Ibu yang memiliki bayi khususnya di bawah 2 tahun tentang pentingnya memberikan asupan gizi pada bayi.

Sosialisasi tersebut diikuti kurang lebih 40 audience dari kelompok ibu-ibu yang memiliki bayi umur di bawah 5 tahun dan ibu kader Posyandu Kelurahan Palampang.

Nasrawati, S.Gz. selaku penyuluh gizi kelurahan dan pemateri mengatakan bahwa pencegahan stunting ini sangat penting.

“Pencegahan stunting ini sangatlah penting untuk dilakukan, bahkan dimulai sejak bayi dalam kandungan dan dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang berkualitas juga memberikan akses air bersih,” ujarnya.

Sosialisasi ini memberikan edukasi kepada ibu-ibu agar lebih memperhatikan makanan untuk bayi mereka agar tidak mengalami dampak stunting seperti perkembangan fisik terganggu, postur tubuh pendek, resiko terkenan penyakit degeneratif, dan menurunnya kemampuan belajar yang dapat terlihat ketika anak memasuki dunia pendidikan.

Koordinator Kecamatan Rilau Ale, Faisal mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Posko 1 setelah melakukan observasi lapangan.

“Kegiatan ini dilakukan pasca mahasiswa KKN melakukan observasi di masyarakat secara langsung dan menemukan bahwa angka stunting di Kelurahan Palampang ini cukup tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menghadirkan bidan kelurahan sebagai pemateri” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *