Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Kampus  

Konsultasi Pendirian UM Selayar, Tim Temui Pengurus Pusat Muhammadiyah

Mewarta.com, Selayar — Dalam rangka pemantapan rencana pendirian Universitas Muhammadiyah Selayar, Tim Pendiri berkesempatan berkonsultasi dan mendapatkan arahan dari Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Selain itu, tim pendiri Muhammadiyah Selayar juga melakukan orientasi dan sharing bersama Pimpinan Universitas Muhammadiyah Surakarta, di Solo, yang berlangsung pada hari Minggu dan Senin, 14 -15 Nopember 2021.

Turut hadir Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kepulauan Selayar, Tim Pendiri UM Selayar dipimpin oleh Ketua Tim, Muhammad Ihsan Maro, S.Ag. M.Si., didampingi oleh Tim Pengarah, Prof. Dr. Akbar Silo, MS., dan Prof. Dr. HR. Partino, M.Pd.

Tim pendiri Muhammadiyah Selayar berkunjung di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Surakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diwakili oleh Sekretaris, Dr. H. Agung Danarto, M.Ag. sangat mendukung rencana ini dan menekankan agar segera menuntaskan seluruh dokumen yang dipersyaratkan oleh Dirjen Dikti, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Selain itu, disebutkan bahwa pada prinsipnya usulan tersebut dilakukan atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah, sehingga harus terlebih dahulu dikonsultasikan dengan PP Muhammadiyah setelah terlebih dahulu memperoleh rekomendasi dari Pengurus Wilayah, LLDIKTI-XIV, dan Pemkab Kepulauan Selayar.

Pada kesempatan itu, Dr. H. Agung Danarto, M.Ag. juga mengungkapkan pentingnya kesiapan daya dukung aset dan fasilitas yang layak demi kelancaran pendirian Universitas Muhammadiyah Selayar.

“Penting disertakan bukti-bukti otentik dan sah tentang kepemilikan asset gedung dan tanah dengan rasionalisasi penggunannya secara tepat,” ujarnya.

“Perlu sesegera mungkin memastikan program studi terpilih yang keunikannya sendiri, dengan ketersediaan calon dosen yang cukup,” tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan terpisah, Pimpinan Majelis Pendidikan Tinggi/Litbang Dikti, PP Muhammadiyah, yang diwakili oleh Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag., M.Pd. dan H. Ahmad Muttaqin, M.Ag., M.A., Ph.D. menyatakan kesiapannya untuk membantu memfasilitasi rencana pendirian Universitas Muhammadiyah Selayar.

Tim pendiri Muhammadiyah Selayar berkunjung di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo.

“Dengan sukacita, kami akan memfasilitasi seoptimal mungkin apa yang diperlukan untuk suksesnya usulan pendirian Universitas Muhammadiyah Selayar, dan akan disiapkan Tim Asistensi untuk itu. Silakan PDM Selayar mengajukan suratnya ke PP Muhammadiyah secepatnya”. Demikian tandasnya.

Pada dua kesempatan itu, Ihsan Maro, melaporkan kondisi akhir yang telah dicapai secara komprehensif, berkenaan dengan calon dosen, kesiapan fasilitas, lokasi kampus, dan asset lainnya yang dapat digunakan untuk mem”back-up” rencana ini.

“Kami bersama seluruh Tim sementara berupaya keras menyesaikan 14 item yang disyaratkan untuk dipenuhi. Dan ke depan kami juga akan memperoleh rekomendasi dari Pimpinan Wilayah dan stakeholder terkait”. Demikian ulasan deskriptifnya, yang ditimpali secara bergantian oleh Akbar Silo dan HR Partino. “Saat ini sedang diselesaikan kajian kelayakan, instrumen akreditasi [borang] program studi, SPMN, dan sejumlah dokumen lainnya, dan diupayakan tuntas hingga pada minggu kedua Desember 2021, untuk selanjutkan akan dikonsultasikan ke pimpinan wilayah, LLDIKTI-IX, dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.” katanya lebih lanjut.

Di kantor Majelis Pendidikan Tinggi dan Litbang, Tim Pendiri UM Selayar menerima sejumlah buku panduan yang dibutuhkan untuk digunakan dalam menyusun desain pendirian universitas dan panduan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang spesifik.

Pada kesempatan berbeda dalam kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Surakarta, Tim Pendiri UM Selayar diterima dengan baik penuh keramahan oleh Rektor, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. yang didampingi oleh para Wakil Rektor-I, II, III, dan IV. Rektor berharap kiranya rencana dan upaya pendirian UM Selayar dapat mencapai kesuksesan.

Di bawah kepemimpinan beliau, Universitas Muhammadiyah Surakarta siap memberikan sumbangan pemikiran dan penyiapan dokumen akademik yang diperlukan baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Selanjutnya, sebagai perguruan tinggi swasta yang menduduki rangking-3 universitas swasta terbaik dunia versi QS WUR 2022, dan urutan ke-14 universitas terbaik di Indonesia, menyatakan kesiapan sebagai pembina bagi kelangsungan UM Selayar secara konsisten dan berkelanjutan. Selanjutnya, didampingi oleh Wakil Rektor III, Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., Tim berkesempatan mengunjungi “anjungan kereatif” dan melihat dari dekat

Demikian pula kunjungan ke “Student Bureau” yang diperuntukkan kepada mahasiswa binaan atau kaderisasi berwawasan kewirausahaan.

Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan ke Edutorium yang diklaim termegah di kawasan Jawa Tengah, yang direncanakan bakal menjadi salah satu tempat layak untuk penyelenggaraan muktamar Muhammadiyah, ke depan.

Tim Pendirian UM Selayar berterima kasih atas jasa baik Prof. HR. Partino yang telah mengembangkan jaringan kemitraan dengan berbagai pihak di PP Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *