Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Kampus  

Kembangkan Kemampuan Literasi Baca, Mahasiswa PGMI Gelar Pengabdian Masyarakat

Mewarta.com, Gowa- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Faktultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar menggelar Pengabdian Masyarakat di MI Ash-Shalihin, Selasa (07/06/2022).

Kegiatan PKM berlangsung selama sepekan dari tanggal 7-13 Juni diikuti oleh mahasiswa PGMI kelas A dan B Semester 4 angkatan 2020 dan dibimbing oleh Dr. Andi Halimah, M. Pd. selaku dosen Pengampu Mata Kuliah. Saat ini dilaksanakan oleh Kelas PGMI A angkatan 2020. Melalui arahan beliau tersebut, terdapat 11 kelompok yang dibagi dari jumlah keseluruhan Mahasiswa(i) kelas PGMI A, yang terdiri dari 3-4 orang.

Pengabdian Masyarakat tersebut bertujuan untuk memperkenalkan suatu media pembelajaran kepada siswa(i) di MI Ash-Shalihin yang mampu membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan juga memberikan keseruan, keasikan dalam pembelajaran, serta memberikan kesempatan kepada Mahasiswa(i) PGMI angkatan 2020 untuk mengembangkan kemampuan juga kreatifitasannya dalam mengajar dengan turun langsung ke lapangan atau sekolah-sekolah dengan berbasis service learning.

“Service learning adalah layanan jasa yang dilakukan oleh mahasiswa dengan mempraktikkan teori yang dipelajari pada mata kuliah dengan dunia sekolah yang sesungguhnya” ujar Dr. Andi Halimah, M.Pd.

Ia juga menjelaskan bahwa layanan pembelajaran yang diberikan kepada MI Assalihin adalah mendesain media pembelajaran literasi dan menerapkan di jenjang kelas 1-6 MI.

“Media yang dikembangkan berfokus pada pengembangan kemampuan literasi baca siswa MI,”Jelas Andi Halimah

Pihak MI Ash-Shalihin menyambut dengan hangat kedatangan Mahasiswa(i) PGMI kelas A.

“Semoga kegiatan serupa dapat berkelanjutan di masa akan datang,” ujar Sohrah, S.Pd.I. selaku Kepala MI Ash-Shalihin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *