Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Kampus  

Dosen dan Mahasiswa PGMI Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Media Pohon Literasi

Mewarta.Com,Takalar–Dosen dan mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SDN  49 Panjo’jo  Malagina Desa Lassang Barat  Kabupaten Takalar. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen Dr. Andi Halimah, M.Pd, dan mahasiswa St. Uliul Asmi, Fajriah Adelia Arisma Suci, Andi Nurul Aulia, dan Andi Khaerul Insan, serta diikuti oleh  guru SDN Panjo’jo berjumlah 8 orang.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat, sebagai salah satu unsur Tridarma Perguruan Tinggi dengan melakukan sosialisasi pembuatan dan pemanfaatan media literasi dasar baca tulis berupa Pohon Literasi bagi guru dan siswa kelas awal.. Hal ini dimaksudkan untuk menginspirasi guru yang mengalami kesulitan dalam membelajarkan peserta didiknya membaca dan menulis.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian penjelasan terkait media literasi dan manfaatnya bagi guru dan peserta didik, dilanjutkan dengan penerapan media pohon literasi di kelas 1. Antusias peserta didik tampak pada saat penggunaan media tersebut untu belajar membaca dan menulis. Hal ini dimaksudkan pula  untuk membantu guru dalam pembelajaran dan menginspirasi mereka untuk membuat media sejenis. Respons baik dari guru tampak dari antusiasnya guru bertanya untuk mengetahui dan meminta pelatihan tentang cara pembuatan media literasi.

Tanggapan baik pula dikemukakan oleh Kepala Sekolah  SDN 49 Panjo’jo Hj. Aswida, S.Pd., SD. Beliau sangat antusias dan menyambut baik kegiatan PKM ini dan mengharapkan ada kegiatan serupa selanjutnya. Pada kegiatan PKM kali ini, sekaligus dilakukan penelusuran alumni PGMI (tracer Study) yang mengajar di sekolah tersebut yakni Fitriani, S.Pd. Respon baik pula terkait kinerja Fitriani yang menurut kepala sekolah berkinerja baik dan sangat membantu pengelolaan sekolah SDN 49 Panjo’jo, demikian pungkasnya.(AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *