Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Kebijakan Ekonomi Transformatif Airlangga Hartanto (Menko Perekonomian) Berkontribusi Positif terhadap Kondisi Ekonomi Daerah

Idris Rumalutur

Mewarta.com, Seram Timur–Semester pertama tahun 2024, kondisi ekonomi kabupaten Seram Bagian Timur secara makro terlihat sangat baik dan kondusif. Hal ini terlihat dari meningkatnya daya beli masyarakat dan neraca perdagangan daerah. Kondisi ekonomi ini (khususnya di kabupaten Seram Bagian Timur) merupakan kontribusi positif dari “kebijakan ekonomi transformatif” dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, bapak Airlangga Hartanto yang digulirkan sejak pertengahan tahun 2023.

Saya selaku Wakil Bupati Seram Bagian Timur, Idris Rumalutur, memberikan apresiasi yang tinggi sekaligus terimakasih kepada bapak Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto atas kebijakan tersebut. Pada kesempatan ini, saya ingin sampaikan bahwa kondisi perekonomian di daerah sangat bergantung juga pada kebijakan ekonomi yang digulirkan oleh pemerintah pusat, khususnya berkaitan dengan kebijakan fiskal dan perdagangan.

Jika kebijakan ekonomi daerah bersinergi dengan kebijakan ekonomi pemerintah pusat, saya sangat optimis, kondisi ekonomi kabupaten Seram Bagian Timur secara khusus dan daerah secara umum akan terus meningkat sampai akhir tahun 2024. Hal ini disampaikan Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Idris Rumalutur, di sela-sela acara silaturahmi idul fitri 1445 Hijriyah di Seram Timur.

Telah diketahui bersama, di pertengahan tahun 2023, Menko Perekonomian RI meluncurkan kebijakan ekonomi transformatif yang bertujuan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan inklusif. Salah satu strategi yang digunakan dalam kebijakan ini adalah peningkatan ekonomi domestik. Hal ini disampaikan langsung oleh bapak Menko Perekonomian RI sebagaimana tercantum dalam siaran pers resmi Kemnterian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia tanggal 14 Juni 2023.