Kampus  

Dr. Hamdan Zoelva, SH., M.H.(Ketua Mahkamah Konstitusi RI Periode 2013-2015) Berikan Kuliah Umum di Universitas Cokroaminoto Makassar

Makassar- Universitas Cokroaminoto Makassar menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2021 dengan kuliah umum (Jumat/17-09-2021). Kuliah perdana dibuka oleh rektor Universitas Cokroaminoto Makassar, Prof. Dr. H. M. Tahir Kasnawi, SU di ruang pertemuan LT.1 Universitas Cokroaminoto Makassar.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar mengatakan bahwa, kuliah perdana ini adalah langkah awal kita memulai aktivitas akademik di kampus untuk menyambut seluruh mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia bahkan tahun ini ada dari luar negeri yaitu dari malaysia.

“Kami sangat bersyukur karena pak Dr. Hamdan Zoelva, SH.,MH, selaku ketua Umum Dewan Pembina Tanfiziyah Syarikat Islam, dapat menyempatkan waktunya ditengah kesibukannya yang sangat luar biasa untuk membawakan materinya di kuliah umum kali ini dengan tema “Islam dan Kebangsaan”, katanya.

Dalam sambutan awalnya Dr.Hamdan Zoelva, SH., MH,  mengatakan bahwa sangat bangga dengan UNCOK Makassar yang memulai memperkenalkan mata kuliah “Islam dan Kebangsaan” sebagai MKDU.

“Perlu di contoh ini, di seluruh kampus-kampus  Cokroaminoto di seluruh Indonesia harus memperkenalkan mata kuliah Islam dan kebangsaan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme”, ungkapnya.

Dalam orasi ilmiahnya Dr. Hamdan Zoelva mengatakan, bahwa mata kuliah Islam dan Kebangsaan dimaksudkan untuk dua tujuan yaitu, pertama, untuk memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai relasi dan hubungan antara Islam dan kebangsaan. Kedua, untuk memberikan keyakinan bahwa menurut kita “Syarikat Islam”, Islam dan kebangsaan tidak bisa dipisahkan, paling tidak bagi ummat Islam Indonesia.

” Jadi mata kuliah Islam dan Kebangsaan bertujuan memberikan perspektif politik menurut sudut pandang kita (Syarikat Islam) bahwa Islam dan Kebangsaan adalah sesuatu yang menyatu yang tidak bisa dipisahkan, seperti menyatunya bangsa dalam negara”, jelas Dr. Hamdan Zoelva, SH., M.H. yang juga merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI periode 2013-2015.

“Saya berharap melalui mata kuliah Islam dan Kebangsaan yang digagas oleh UCM Makassar, para mahasiswa dan nantinya ketika menjadi alumni dapat memahami dan menumbuhkan jiwa dan semangat kebangsaannya bahwa sejak awal berdirinya bangsa Indonesia karena didasarkan atas semangat keislaman”, tutupnya.

Turut hadir dalam kuliah umum Islam dan Kebangsaan, Ketua yayasan UCM, Rektor, Wakil Rektor dan jajarannya, serta para Dekan, Kaprodi, ketua lembaga, Dosen, mahasiswa  serta  seluruh Civitas Akademika Univesitas Cokroaminoto Makassar dengan protokol kesehatan yang berada dikampus, karena kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk luring dan daring.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *